1.
Struktur Buku Guru
Uraian
berikut dimaksudkan agar guru dapat mengenal dan memahami struktur isi Buku
Guru dengan baik. Struktur Buku Guru adalah sebagai berikut.
a.
Kata
Pengantar
Bagian ini perlu dibaca guru
agar guru memahami latar belakang penyusunan buku dan tujuan yang ingin dicapai
dari penyusunan buku tersebut.
b.
Tentang
Buku Guru
Memuat informasi cakupan
buku guru dan cakupan aktivitas pembelajaran yang tertuang dalam buku guru.
c.
Bagaimana
Menggunakan Buku Guru
Halaman ini merupakan bagian penting yang harus dibaca dan
dipahami oleh guru, karena memberikan informasi hal-hal penting yang harus
diperhatikan oleh guru dalam menggunakan Buku Guru sebagai persiapan
menggunakan Buku Siswa.
d.
Standar
Kompetensi Lulusan dan Kompetensi Inti
Halaman ini mengingatkan kepada guru mengenai
standar kompetensi lulusan
baik ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan, serta kompetensi inti setiap kelas, yang
akan di dicapai selama proses pembelajaran.
e.
Pemetaan
Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2
Pemetaan Kompetensi Dasar KI 1 dan KI 2 merupakan Pemetaan Kompetensi
Dasar yang berasal dari KI 1 dan KI 2 yang terdapat dalam setiap subtema.
Artinya, Kompetensi Dasar itulah yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
selama satu minggu.
Pemetaan kompetensi dasar yang
berasal dari Kompetensi Inti 1 dan 2 bukan
untuk diajarkan secara eksplisit sebagai materi pembelajaran
(pembelajaran tidak langsung) ,
namun memandu guru untuk melakukan pembiasaan-pembiasaan kompetensi tersebut
selama proses pembelajaran berlangsung. Harapannya, melalui pengetahuan, keterampilan akan
terasah dan sikap spritual dan sosialnya akan tumbuh pada diri siswa.
f.
Pemetaan
Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4
Pemetaan Kompetensi Dasar KI 3 dan KI 4 merupakan Pemetaan Kompetensi
Dasar yang berasal dari KI 3 dan KI 4. Halaman ini memuat informasi tentang
kompetensi-kompetensi yang berasal dari Pemetaan Kompetensi Inti 3 dan 4 yang harus dicapai dalam satu subtema pembelajaran. Penetapan kompetensi masih terbuka untuk
penggantian atau penambahan sesuai dengan kegiatan yang dirancang oleh guru.
Sekali lagi guru harus memahami bahwa pembelajaran tematik terpadu itu berbasis
aktivitas sehingga aktivitas yang ditawarkan di dalam buku guru bisa diganti
atau dikembangkan sesuai dengan kreativitas guru.
g.
Ruang
Lingkup Pembelajaran
Halaman ini memberikan
gambaran ringkas tentang kegiatan yang akan dilaksanakan oleh guru dan
kemampuan yang akan dikembangkan dalam setiap pembelajaran. Kolom kegiatan pembelajaran menjelaskan
kegiatan yang dilakukan pada satu hari pembelajaran. Kolom kemampuan yang
dikembangkan menjelaskan tiga aspek kemampuan yang harus dicapai, yaitu sikap,
pengetahuan, dan keterampilan.
h.
Halaman
Pembelajaran
Setiap pembelajaran terdiri atas bagian-bagian yang menuntun
guru dalam proses pembelajaran yangdisesuaikan dengan buku siswa. Jika mengacu pada Struktur Kurikulum 2013 jenjang SD, jumlah jam
pelajaran di kelas V adalah 36 jam pembelajaran/minggu. Pembagian 36 jam/minggu dalam
pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah. Pada buku siswa dan buku guru, kegiata
pembelajaran dibagi menjadi 6 pembelajaran dalam seminggu. Artinya, pembagian itu diasumsikan untuk 6 hari sekolah dalam seminggu. Sekolah yang menerapkan 5 hari sekolah, kompetensi dasar
pada pembelajaran 6 dapat disebar ke 5 pembelajaran yang lain. Uraian pembelajaran diawali dengan
judul pembelajaran sesuai nomor pembelajaran, misalnya Pembelajaran 1, Pembelajaran 2,
Pembelajaran 3, dan seterusnya.
Berikut ini adalah
bagian-bagian dari uraian pembelajaran adalah sebagai berikut.
1)
Jaringan
Pembelajaran
Jaringan pembelajaran memuat
kompetensi dasar dan indikator muatan pelajaran yang dipadukan pada kegiatan
pembelajaran. Kompetensi Dasar yang dimuat adalah Kompetensi Dasar dari KI 3
dan KI 4.
2)
Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
dirumuskan sesuai dengan indikator muatan pelajaran yang akan dibahas pada
pembelajaran. Guru dapat menambahkan tujuan pembelajaran atau mengoreksi tujuan
pembelajaran bila ada perubahan muatan pelajaran dan indikator pada jaringan
pembelajaran tersebut.
3)
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Bagian ini memberikan
informasi mengenai media dan alat pembelajaran yang dibutuhkan dalam
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang
direncanakan. Guru harus memastikan bahwa media dan alat pembelajaran tersebut
tersedia/disiapkan. Guru diperkenankan untuk memperkaya media, alat, dan sumber
pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu,
guru dapat memanfaatkan media teknologi
informasi (TI) dalam pembelajaran.
4)
Kegiatan
Pembelajaran
Sesuai dengan tuntutan
Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran tematik di kelas menerapkan pendekatan
saintifik. Pendekatan saintifik dilakukan melalui proses kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/eksperimen/mencoba,
mengasosiasi/mengolah informasi/menalar,
dan mengkomunikasikan.
Pendekatan saintifik diimplementasikan dalam pembelajaran bertujuan untuk
melatih siswa berpikir tingkat tinggi (high
order thinking). Namun sangat dimungkinkan bagi guru untuk memperkaya
langkah-langkah kegiatan yang sudah ditawarkan di buku guru.
Kegiatan pembelajaran pada
buku guru menjelaskan setiap ikon kegiatan pada buku siswa. Misalnya, ikon pada
buku siswa adalah “Ayo
Menyanyi” dengan percaya diri,
maka pada buku guru dijelaskan langkah-langkah kegiatan yang ditempuh untuk
membelajarkan kegiatan tersebut. Pada buku guru juga terdapat penjelasan materi
yang dapat digunakan oleh guru sebagai tambahan referensi untuk memperkaya
materi.
5)
Pengayaan
dan Remedial
Bagian ini menjelaskan
kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan pengayaan bagi siswa yang
sudah mencapai kompetensi dan ingin lebih ditingkatkan kemampuannya. Selain
itu, juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan
remedial bagi siswa yang belum mencapai kompentesi.
6)
Penilaian
Sesuai dengan tuntutan
kurikulum 2013, penilaian pada pembelajaran tematik adalah penilaian autentik.
Oleh karena itu, pada buku guru dicantumkan teknik-teknik penilaian, yang
meliputi penilaian nontes dan tes. Sebagai panduan bagi guru, pada buku guru
telah disediakan instrumen penilaian dan rubrik penilaian sesuai dengan proses
pembelajaran yang dilakukan. Guru dimungkinkan untuk memperbaiki instrumen
penilaian dan menambah instrumen penilaian sesuai dengan indikator yang
ditetapkan.
Sumber : Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2013
Komentar
Posting Komentar