1. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa
Buku ini dipergunakan
sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai
kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan
kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities
based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan
contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan
dengan kehidupan yang dialaminya.
Buku Siswa diarahkan agar
siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan
mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan
berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru dapat mengembangkan atau memperkaya materi
dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai
berikut.
a.
Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan
Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran
Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki
beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa
dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya
b.
Penghubung antara
Guru, Sekolah, dan Orang Tua
Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang
membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan
aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan
ikon tulisan “Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan orang tua
berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada
pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
c.
Lembar Kerja Siswa
Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja
siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat
mengerjakan langsung pada Buku Siswa.
d.
Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman
berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai
bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.
e.
Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan
Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap
hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap
pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan
sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
f.
Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa
Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama
mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan
orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama
mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua
rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.
g. Sebagai
alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang
telah dilakukan.
2.
Kedudukan dan Fungsi Buku Guru
Buku
Guru adalah panduan bagi guru dalam
melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku
guru.
a.
Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa
Guru harus mempelajari
terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
1)
Urutan
acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan,
Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang
kemudian dipadukan dalam satu tema tertentu.
2)
Jaringan
tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari
masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
3)
Pemilahan
pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara
bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan
kompetensi dasar yang harus
dikuasai siswa.
b.
Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
1)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari
masing-masing subtema.
2)
Menjelaskan
media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses
pembelajaran agar guru sudah menyiapkan
media-media pembelajaran yang diperlukan.
3)
Menjelaskan
langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses
pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan
pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran
tersebut.
4)
Menjelaskan
tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap
pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
5)
Menjelaskan
jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku
Siswa.
c.
Penjelasan tentang Metode dan Teknik
Pembelajaran yang Digunakan
dalam Proses Pembelajaran
Buku Guru memuat informasi
tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan
penyelenggaraan proses pembelajaran.
nice
BalasHapusMau tanya, apakah buku teks dan buku guru dapat diartikan sebagai buku kerja bagi siswa?
BalasHapusApa beda kedudukan dan fungsi buku guru dengan RPP? Menurut saya sama tapi mengapa guru harus buat RPP lagi?
BalasHapusApa manfaat buku guru itu dengan buku sisawa??
BalasHapusApa Manfaat buku guru dengan buku siswa???
HapusJelaskan perbedaan buku guru dan buku siswa
BalasHapus