Langsung ke konten utama

PENGGUNAAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA

Pada uraian ini dijelaskan tentang teknis penggunaan Buku Siswa sesuai dengan arahan Buku Guru, melalui uraian ini diharapkan guru dapat melakukan proses pembelajaran dari masing-masing subtema yang ada pada masing-masing buku.

Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa
Buku Guru berhubungan dengan Buku Siswa, karena Buku Guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan Buku Siswa. Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.       Bukalah Buku Guru tema tertentu.
Cermatilah  halaman yang berjudul Tentang Buku Guru dan Bagaimana Menggunakan Buku Guru. Ikutilah petunjuk yang ada pada halaman tersebut.
2.       Rancangan pembelajaran setiap Tema dibagi dalam rancangan  subtema yang tampak pada jaringan subtema atau Pemetaan Kompetensi Dasar  pada Buku Guru.  Guru diharap mencermati jaringan subtema yang memuat Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran yang akan dicapai pada satu minggu, sesuai dengan judul subtema.
3.       Jaringan subtema terdiri atas jaringan subtema untuk KD dari KI I dan II, serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3 dan KI 4.
4.       Jaringan subtema KD dari KI 3 dan KI 4 dijabarkan lagi menjadi jaringan Kompetensi Dasar dan Indikator setiap  pembelajaran.
5.       Cermatilah jaringan setiap pembelajaran Pemetaan Indikator pada Buku Guru  yang memuat Kompetensi Dasar yang akan dicapai berdasarkan rumusan indikatornya.
6.       Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di Buku Guru.
7.       Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang terdapat pada Buku Guru.
8.       Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada Buku Guru dengan penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa.
9.       Guru dapat memodifikasi rancangan pembelajaran di Buku Guru untuk disesuaikan dengan kondisi kelas. Apabila rancangan berubah, maka guru harus membuat penyesuaian juga dalam pembelajarannya.
10.   Pada Buku Guru juga terdapat media, alat, dan sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun, guru juga dapat mengganti atau menambahkan media, alat, dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
11.   Cermatilah halaman Remedial dan Pengayaan yang terdapat pada Buku Guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
12.   Di dalam Buku Guru terdapat  contoh-contoh teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan menilai siswa.


Sumber : Materi Diklat Kurikulum 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Kelas V

1.        Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berikut ini. Tabel Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/PAKET A DIMENSI KOMPETENSI LULUSAN SIKAP Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain. PENGETAHUAN Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain. KETERAMPILAN Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditug

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA DAN BUKU GURU

1.        Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut. a.          Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masin