Langsung ke konten utama

Semangat dan Optimis Boyolali menuju Implementasi KURIKULUM 2013 pada Tahun Pelajaran 2013/2014

Tahun Ajaran 2013/2014 telah berakhir tanggal 21 Juni 2014, dan kita akan segera memasuki Tahun Ajaran 2014/2015. Ada sesuatu yang baru di tahun pelajaran yang akan datang, yaitu mulai diberlakukan Kurikulum 2013, sebelumnya Kurikulum 2013 telah diberlakukan secara bertahap mulai Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pelaksanaan terbatas, khususnya bagi sekolah-sekolah yang sudah siap melaksanakannya. 
Pada Tahun Ajaran 2014/2015, Kurikulum 2013 dilaksanakan bertahap menyeluruh untuk Kelas I, II, IV dan V, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah (SD/MI), Kelas VII, VIII   Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Kelas X, XI Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA/MAK). Pada tahun pelajaran 2015/2016 diharapkan Kurikulum 2013 telah dilaksanakan di seluruh kelas I sampai dengan Kelas XII.
Menjelang implementasi Kurikulum 2013, penyiapan guru dan tenaga kependidikan lainnya sebagai pelaksana kurikulum di lapangan perlu dilakukan.  Sehubungan dengan itu, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik,  Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP), telah menyiapkan Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas.  Materi ini diharapkan dapat membantu semua pihak menjalankan tugas dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. 

LPMP D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Diklat Kurikulum 2013 di Boyolali, terdiri dari tiga angkatan dengan peserta Guru Kelas I, II, IV, dan V Sekolah Dasar di Kabupaten Boyolali, dimulai tanggal 15 - 29 Juni 2014. Penyampai materi adalah Instruktur Nasional yang terdiri dari Guru Kelas I, II, IV, dan V di Kabupaten Boyolali yang sudah dipersiapkan oleh LPMP D.I. Yogyakarta.

Saya sebagai Operator Diklat Kurikulum 2013 yang terlibat langsung dalam kegiatan ini melihat dinamika positif dari para peserta. Semangat dan antusias para guru SD di Kabupaten Boyolali dalam mengikuti diklat semoga menjadi awal sukses Implementasi Kurikulum 2013. Aamiin YRA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Kelas V

1.        Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berikut ini. Tabel Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/PAKET A DIMENSI KOMPETENSI LULUSAN SIKAP Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain. PENGETAHUAN Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain. KETERAMPILAN Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditug

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA DAN BUKU GURU

1.        Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut. a.          Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masin