Langsung ke konten utama

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Abstrak :    
SUSILO SETYASTUTI, NIP 19591223 198012 2 002 GURU SD NEGERI 1 SUKORAME MUSUK MENGADAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN JUDUL “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL KLUSTER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENDESKRIPSIKAN KERJA SAMA NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA SISWA LAMBAN BELAJAR KELAS VI SD NEGERI 1 SUKORAME MUSUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016”.
            Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya beberapa siswa lamban belajar kelas VI SD Negeri 1 Sukorame Musuk Tahun Pelajaran 2015/2016 yang belum dapat mendeskripsikan kerja sama Negara-negara di Asia Tenggara dengan tepat.
            Permasalahan dalam penelitan ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran model kluster dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mendeskripsikan kerja sama negara-negara di Asia Tenggara siswa lamban belajar.
            Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mendeskripsikan kerja sama Negara-negara di Asia Tenggara siswa lamban belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran model kluster.
            Manfaat penelitian ini untuk memotivasi guru dalam memilih dan memanfaatkan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa lamban belajar lebih mudah menguasai pengetahuan yang sedang dipelajarinya.
            Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Negeri 1 Sukorame Musuk Tahun Pelajaran 2015/2016 selama 2 siklus. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara/diskusi, kajian dokumen, dan tes serta dianalisis dengan teknik diskriptif komparatif.

            Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat penulis simpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran model kluster dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mendesripsikan kerja sama negara-negara di Asia Tenggara siswa lamban belajar kelas VI SD Negeri 1 Sukorame Musuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang selalu meningkat dari kondisi awal hingga akhir siklus.
Selengkapnya disini
Cover disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA DAN BUKU GURU

1.        Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut. a.          Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masin

Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Kelas V

1.        Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berikut ini. Tabel Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/PAKET A DIMENSI KOMPETENSI LULUSAN SIKAP Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain. PENGETAHUAN Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain. KETERAMPILAN Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditug