Abstrak :
SUSILO SETYASTUTI, NIP 19591223 198012
2 002
GURU SD NEGERI 1 SUKORAME MUSUK MENGADAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DENGAN JUDUL “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL KLUSTER UNTUK
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENDESKRIPSIKAN KERJA SAMA NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA SISWA LAMBAN BELAJAR KELAS VI
SD
NEGERI 1 SUKORAME MUSUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016”.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya beberapa siswa lamban belajar kelas VI
SD Negeri 1 Sukorame Musuk Tahun Pelajaran 2015/2016 yang belum dapat mendeskripsikan kerja sama
Negara-negara di Asia Tenggara dengan tepat.
Permasalahan dalam penelitan ini
adalah apakah penerapan strategi
pembelajaran model kluster dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mendeskripsikan kerja sama negara-negara
di Asia Tenggara siswa lamban belajar.
Penelitian Tindakan kelas ini
bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan
prestasi
belajar mendeskripsikan kerja sama Negara-negara di
Asia Tenggara
siswa lamban belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran model kluster.
Manfaat penelitian ini untuk
memotivasi guru dalam memilih dan
memanfaatkan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa lamban belajar lebih mudah menguasai pengetahuan yang sedang
dipelajarinya.
Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Negeri 1 Sukorame Musuk Tahun Pelajaran 2015/2016 selama 2
siklus. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara/diskusi,
kajian dokumen, dan tes serta dianalisis dengan teknik diskriptif komparatif.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat penulis simpulkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran model kluster dapat
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mendesripsikan kerja
sama negara-negara di Asia Tenggara siswa lamban belajar kelas VI SD Negeri 1
Sukorame Musuk Tahun
Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat
dilihat dari hasil tindakan yang selalu meningkat dari kondisi awal hingga
akhir siklus.
Selengkapnya disini
Cover disini
Komentar
Posting Komentar