Langsung ke konten utama

DOWNLOAD RPP KELAS V (LIMA) SEMESTER 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Menurut Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran (Kemdikbud, 2013: 37) tahapan pertama dalam pembelajaran menurut Standar Proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. 
Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di SD (Kemdikbud, 2013: 9) RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP  disusun  berdasarkan KD  atau  subtema yang  dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. 
Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk SD menggunakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.
Kurikulum 2013  SD  melaksanakan pembelajaran  Tematik Terpadu dan prosesnya  menerapkan  pendekatan saintifik. Penerapan pembelajaran Tematik Terpadu dengan pendekatan saintifik membawa implikasi perubahan dalam pembelajaran di SD. Perubahan itu mengakibatkan perubahan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sistem penilaian, buku siswa, buku guru, program remedial serta pengayaan, dan sebagainya
Berikut contoh RPP Kelas V Semester 1, meskipun belum lengkap seluruhnya akan tetapi dapat dijadikan referensi. Anda bisa mengedit dan mengembangkan serta menyusun RPP dengan tema/subtema yang belum ada di sini dengan menyesuaikan kondisi sekolah tempat anda mengajar. Semoga bermanfaat. Tetap semangat dalam mengabdi pada negeri ini bersama kita sukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Jangan lupa tinggalkan komentar setelah anda mendownload RPP ini.

RPP Kelas V Tema : Bangga sebagai Bangsa Indonesia

Komentar

  1. d klik koq kluarnya drive gogle mulu y, jeng ?

    BalasHapus
  2. Ibu, sudah saya edit kembali sekarang sudah bisa diunduh...maaf ada kesalahan teknis sehingga file tidak bisa dibuka, maklum baru belajar.

    BalasHapus
  3. terima kasih ya bu bwt sharenya, semoga bermanfaat buat saya dan buat rekan rekan guru di nusantara, salam satu data berkualitas,,,,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pak, Aamiin.....salam satu data berkualitas...

      Hapus
  4. Sdh bisa skrg, jeng ..
    Jd agak enteng pekerjaan bkin rpp nih ,
    tinggal nambahi yg kurang2 .. , mksh bnyk .

    eh, klu prota n prosem kls 5 pnya gag , jeng ?
    d unggah skalian doongg ...

    BalasHapus
  5. Blog terlengkap yang sudah saya temui,,,, makasih bu guru...

    BalasHapus
  6. Terimakasih RPPnya, kalau untuk ema 3 sub tema 2 dan 3 ada? terimakasih

    BalasHapus
  7. Terimakasih ya mbak... Sangat berguna untuk kami-kami yang belum faham benar tentang K.13. Semoga menjadi amal ibadah mbak Nuraini.. Barakallahu... amiin

    BalasHapus
  8. Terimakasih RPPnya, kalau untuk tema 3 sub tema 2 dan 3 ada? terimakasih

    BalasHapus
  9. maturnuwun RPPnya.ko g lengkap y?sekali lg maturnuwun

    BalasHapus
  10. makasih sis rpp nya sis keren top bgt

    BalasHapus
  11. kembali kasih buat semuanya, mohon masukannya...

    BalasHapus
  12. silabusnya dunk buk.... hehehe.... sebelumnya makasih banget untuk ilmu dan bantuannya... semoga barokah buat ibu. amin

    BalasHapus
  13. Bu, rpp semester 2 nya ditunggu ya? bagus banget rpp nya..

    BalasHapus
  14. Ansaikan bumi tidak luas,aku mau belajar sama ibu. Namun dengan peekembangan teknologi masa kini, bisa conect melalui net. Tapi bu, membuka rpp itu tidak bisa apalagi mendoanlodnya. Kalau tidak keberatan, gimana caranya bu dan solusi yg ditempuh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal klik aja link-nya maka akan terhubung ke drive tempat saya menyimpan file. Jika sudah terbuka tinggal unduh di tulisan unduh atau gambar panah kebawah di bagian atas tengah. Selamat mencoba.

      Hapus
  15. KACEPOT GHULE MERAH. SALAH LOPOT NYO'ON SAPORA. KASO'ON Giiii, sakalangkong SD ibrahimy sukorejo situbondo

    BalasHapus
  16. terima kasih sudah ngizinin kita ngedownload ......................semoga amalnya baiknya diterima ma tuhan amin............

    BalasHapus
  17. Terimakasih ... sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  18. Terimakasih bu...., sangat bermanfaat.
    "selalu semangat dalam mencerdaskan anak bangsa"

    BalasHapus
  19. makasih... alhamdulillah dapat mmbantu..

    BalasHapus
  20. makasih... alhamdulillah dapat mmbantu..

    BalasHapus
  21. makasih... alhamdulillah dapat mmbantu..

    BalasHapus
  22. Yg klas 5 tma satu sub tema 3 kok gk ada

    BalasHapus
  23. MAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT BAGI KAMI DAN SEMOGA BAROKAH

    BalasHapus
  24. maaf ibu untuk rpp kelas 5 tema 1 pembelajaran 2 kenapa tidak ada link nya ya?

    BalasHapus
  25. Terimakasih bu. sangat membatu tugas kuliah saya belajar bikin rpp :)

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr. wb
    Terimakasih Bu, alhamdulillah menjadi referensi dalam pembuatan RPP.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Kelas V

1.        Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan Kompetensi lulusan satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A adalah manusia yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan berikut ini. Tabel Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/PAKET A DIMENSI KOMPETENSI LULUSAN SIKAP Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain. PENGETAHUAN Memiliki pengetahuan faktual dan konseptual dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain. KETERAMPILAN Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditug

KEDUDUKAN DAN FUNGSI BUKU SISWA DAN BUKU GURU

1.        Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya. Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut. a.          Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masin